Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi


Selagi duduk santai didepan rumah sambil ngopi...(weihhhh... nikmatnya... mau !!...buat aja sendiri....hehehe).... tiba2 aku teringat saat aku lulus dari bangku SMA dulu. Setelah lulus dari bangku SMA, waktu itu aku bingung nentuin  pilihan kuliah pd jurusan apa?...Aku yakin sebagian besar lulusan SMA akan merasakan hal yang sama. Pasti akan ngadepin banyak pilihan jurusan yang ditawarin oleh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. 

Urusan memilih jurusan kuliah bukan urusan yang gampang dan sepele. Harus diperhitungin dan dipikirin masak-masak. Klo milihnya tergesa-gesa tanpa mikirin baik2 ntar baru tau akibatnya setelah kuliah di jurusan itu nanti. Ntar nyadarnya terlambat klo jurusan yang diambil ga sesuai dengan minat, bakat n kepribadianmu.Lama2 kena DO (drop out) alias dikeluarin dari kampus karena ga mampu ngikutin kuliah di situ. So mulai skrg di pikirin ya.
Nih aku kasi tips2nya....silakan di sedot semua ya... lumayan daripada lumanyun nantinya...hehehe…

1.    Sesuaikan Cita2, Minat, Bakat dan Kemampuan
Udah punya cita2 blm?...klo udah, tinggal lihat jurusan apa yang bisa nyambung dgn profesi atau pekerjaan yang kamu cita2kan tersebut. Misal cita2mu pengen jadi dokter ya pilih jurusan Kedokteran atau cita2mu pengen jadi pengacara ya pilih Ilmu Hukum. Jangan pilih jurusan Ilmu Hukum klo kamu ingin jadi seorang Dokter. Sesuaiin jurusan yang ingin kamu ambil dengan minat dan bakat. Klo kamu ga suka hitung-hitungan jangan ambil jurusan Matematika atau klo kamu ga suka menggambar jangan ambil jurusan Teknik Arsitektur. Tapi klo kamu suka hitung-hitungan dan suka menggambar, sangat cocok dengan jurusan Teknik Sipil. Selain cita2, minat dan bakat, harus juga perhitungkan kemampuan kamu dalam menyerap materi2 kuliah nanti supaya kamu bisa meraih nilai2 yang bagus2. oya...jangan lupa, usahain jurusan yang kamu pilih nanti sesuaiin dengan jurusan sewaktu di SMA. Misal di SMA kamu jurusannya IPA, boleh ngambil jurusan Teknik Sipil. Jangan paksain jurusan IPS ngambil jurusan Teknik Sipil. Pokoknya lihat minat dan bakatmu sekarang. Klo udah punya bakat, rasa suka, cita2 dan kemampuan pada jurusan studi tertentu akan jadi pilihan yang tepat buat kamu.

2.    Cari informasi yang banyak
Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan kamu untuk milih jurusan. Tanyaiin ke orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, dll. Jangan gampang terpengaruh orang lain yang kurang menguasai informasi. Dan satu lagi jangan ikut-ikutan milih jurusan yang teman2mu pilih atau jurusan yang lagi ngetrend saat ini.
Manfaatin internet buat cari info, searching di mbah Google (mudah2an sering2 ketemu blognya Bang Fitra ini ya....jiaahh maunya....hehehe). Klo udah dapat info yang banyak nantinya akan gampang nentuin pilihan jurusan yang tepat.

3. Lokasi dan Biaya
Bagi orang yang banyak duit, ga masalah walaupun lokasinya jauh. Kenapa? Kuliah perlu banyak biaya seperti biaya studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dll. Bagi yang pas-pasan, lokasi dan biaya bukan masalah yang sepele, jadi perlu perhitungan. Klo dana kamu terbatas so pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau pilih lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikannya tidak terlalu mahal. Klo dana kamu masih kurang atau ga cukup, so carilah beasiswa, pekerjaan paruh waktu/freelance atau sponsor. Ingat bro, jangan jadikan uang sebagai faktor yang menghambat masa depan kamu.

 4. Daya Tampung Jurusan atau Peluang Diterima
Lihat daya tampung jurusan di PTN dan PTS favoritmu. kebanyakan daya tampungnya terbatas dan direbutin banyak orang...(kayak rebutan sembako aja ya...hehehe). Klo kamu ngrasa kurang mampu, jangan paksain diri kamu dengan target untuk kuliah di tempat yang favorit. Bisa2 kamu stres nantinya. Santai aja bro... Tentuiin aja yang banyak, pilihan tempat kuliah beserta jurusannya.
Persiapin diri kamu sedini mungkin supaya bisa lolos UMPTN atau SPMB. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan kamu dalam mengukur kemampuan yang kamu miliki.

5. Masa Depan dan Pekerjaan
Yang terakhir yang ga kalah pentingnya masa depan dan lowongan pekerjaan nantinya. Perkirakan setelah kamu lulus nanti, apakah jurusan yang kamu pilih nanti bisa mengantar kamu untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur ga dapat kerjaan. Pilihlah jurusan2 yang nantinya akan lebih banyak dipakai oleh banyak bidang pekerjaan seperti jurusan Teknik Sipil yang bisa masuk di banyak bidang contohnya di bidang konstruksi, perbankan, BUMN, Pemda, konsultan teknik, dll.
Biarkanlah hati dan akal sehat yang bicara tanpa ada campur tangan dari orang lain. Konsultasikan dengan ortu, saudara dan orang lain yang kamu percayai. Pilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan kamu.

Good luck bro…

1 komentar:

Imam Blogger mengatakan...

masih ada yang kurang blognya bang..
link exchange belum ada