Anak sudah di DO.....orang tua nggak tau.....


Kali ini saya ingin sedikit berbagi....berbagi apa ya???.....berbagi duit kali!!!....nggak juga....hehehe....ga mungkinlah seorang PNS seperti saya ini yang hanya sebagai staf punya duit banyak....kecuali mungkin jadi seperti gayus tambunan yang bisa korupsi....hihihi....apanya yang mau di korupsi....wong cuma ngurusin mahasiswa doank....hehehe....duitnya banyak kalau barusan minjam di bank....hihihi...dasar tukang ngutang.....hehehe


Ok...balik lagi ke urusan berbagi.....berbagi disini yang saya maksud bisa dibilang pengalaman saya selama mengurus mahasiswa di bagian akademik yang mungkin nanti bisa menjadi pelajaran bagi kita semua terutama bagi orang tua yang anaknya sekarang sedang kuliah atau kelak akan kuliah di perguruan tinggi. Bisa juga untuk adik-adik mahasiswa sebagai nasehat.....jiaahhh nasehat....wong diri sendiri aja belum bener....tapi nggak apalah....namanya juga berbagi.....hehehe


Sebenarnya saya paling susah untuk bercerita.....jadi maaf aja kalau kurang jelas....bukan tukang gosip sih....
Sebagai staf akademik pada Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mataram alias JTS Crew, kebetulan bagian dari tugas saya menangani mahasiswa untuk evaluasi drop out atau DO...weh tugas ini secara pribadi agak bertentangan hati nurani saya karna tugasnya harus mengeluarkan mahasiswa dari bangku kuliah jika tidak memenuhi syarat2 secara akademik sesuai aturan yang berlaku.....alias persoalan antara perasaan kemanusiaan dan penegakan aturan......kasian banget.....tapi tugas ya tugas....harus tetap dijalani.....

Begini ceritanya.......suatu pagi yang cerah saat di kantor...saya ditemui oleh seorang ibu....beliau menghampiri meja saya.....sayapun mempersilahkan duduk....dan menanyakan “ada yang bisa saya bantu bu”....beliau dengan suara sedikit bergetar menyampaikan maksud kedatangannya.....”saya ingin menanyakan keadaan anak saya”.....”apakah dia masih kuliah disini”...”saya khawatir, jangan2 dia bohong....karna saya dengar dari teman2nya kalau dia sudah tidak pernah keliatan di kampus”......”tapi selama ini dia tetap minta uang SPP....dan bahkan tiap bulan saya selalu kirimi dia uang bulanannya”.....setelah itu beliau menyerahkan secarik kertas berisi data nama dan NIM anaknya......dan sayapun menjawab....”sebentar bu, saya cek dulu data-data anak ibu”......setelah beberapa lama sayapun mendapat data anak tersebut telah di DO dari kampus.....((alamak jan))....betapa kageknya saya....sepintas dalam hati saya.......duhhhh.....ya Allah.....kasian banget ibu ini......dan sayapun memberitahukan perkembangan akademik anaknya.......”maaf bu, dari data ini anak ibu telah lama di DO dari kampus ini bu.....sejak semester 4 bu dan sekarang kalau kuliahnya normal, dia pada posisi semester 10 bu....dan normalnya harusnya sedang menyusun skripsi”.....bagai petir di siang bolong.....beliau kagek bukan main......”hahhh....sudah di DO”.....beliaupun tidak dapat menahan air mata.....dan berkata ”yaa...Allah....tega sekali dia membohongi saya”......”saya membiayai dia kuliah hanya dari uang pensiun bapaknya”.....semua uneg2nya dikeluarkannya....(terlalu panjang untuk saya ceritakan....hehehe....durasi2...minjam istilah orang film).....dan singkat cerita akhirnya beliau berkata ”duhhh.....gmn ini pak....apa yang harus saya lakukan kalau sudah begini”.....sayapun menjawab “maaf bu, kalau mahasiswa sudah di DO, kami tidak bisa berbuat apa2....karna statusnya sudah di DO”.....(cukup panjang saya menjelaskanya.....dan lagi2 ...terlalu panjang untuk ditulis....hehehe) dan akhirnya beliaupun cukup mengerti maksud saya......dan masih dengan mata sedikit memerah, beliaupun mohon pamit.....”saya mohon pamit....terimakasih atas informasinya pak”......saya menjawab...”iya bu, sama2.....sabar bu ya”.....dan beliaupun pulang.....sambil memandang punggung ibu tadi, saya merasa terharu.....kasian beliau....sedih juga ya.....dan ceritanyapun berakhir....

Kejadian2 seperti ini sering saya temui.....saya berbagi ke pembaca blog ini dengan maksud supaya hal ini tidak menimpa kita semua terutama bagi orang tua yang anaknya sedang kuliah atau yang akan kuliah supaya selalu mengontrol perkembangan kuliah anaknya dan untuk mahasiswa juga supaya tidak mengecewakan orang tua, belajarlah yang giat, serius dan kontrol pergaulan anda.

Semoga bermanfaat dan menjadi pelajaran untuk kita semua. Sukses selalu....

7 komentar:

Anonim mengatakan...

ya Allah,, tega sekali anak itu...! emangnya gak ada prosedur pemberitahuan ke ortu ya, kalo mahasiswa di DO..? karena masalah ini cukup kritis, kalo perlu ortu didatangkan. bukti kasus sudah ada, masak tdk disikapi...!

Bang Fitra mengatakan...

Prosedur pemberitahuan ke ortu selama
ini blm ada karna jurusan kesulitan sekali untuk mendapatkan alamat terbaru dari mahasiswa2. ada sih alamat mereka di data yg lama tp tdk semuanya lengkap. kadang2 alamatnya salah atau alamatnya sdh benar tp nama yg dituju kadang salah. masalah ini mungkin hrs dibicarakan ke tingkat Fakultas....segera

Imam Blogger mengatakan...

ini sih mahasiswa benar2 edan...
mending dijadiin sate aja bang

Unknown mengatakan...

Jadi kalau Maba yang baru semester 1
Nda mau masuk kampus lagi.. apakah pihak kampus akan memberitahu orangtuanya?

Om Kacip mengatakan...

Assalamualaikum , saya orang tua yang pernah menhmenga hal yang sama . sungguh sangat kecewa oleh putra saya selama 3 tahun boleh dikatakan dibohongin oleh anak saya yang kuliah di Bandung ,PTS tersebut juga tidak peduli terhadap orang tua / wali , sungguh ini jugo sebagai masukan agar dari DIKTI juga membuat regulasi agar tidak lagi banyak korban dalam hal ini .

Kisah sukses mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama RIDWAN asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL

3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

Anonim mengatakan...

Do!